What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Senin, 11 Mei 2015

Colorful World of Diana Rikasari

Fashion blogging merupakan salah satu aktivitas yang menjadi sorotan di Indonesia beberapa tahun belakangan. Banyak fashion blogger Indonesia yang bermunculan, salah satunya adalah Diana Rikasari. Memposting tulisan pertamanya di blog sekitar 7 tahun yang lalu, sekarang Diana Rikasari sudah menjadi salah satu fashion blogger yang paling sukses dan terkenal. Diana Rikasari bukan hanya seorang fashion blogger, tetapi juga pemilik brand sepatu UP!, penulis buku, dan seorang ibu. Blog Diana tidak hanya berisi mengenai fashion, tetapi juga mengenai buku, sepatu, keseharian dan rumahnya yang sangat unik. 

Diana menciptakan dunianya sendiri. Diana mempunyai personal branding yang sangat kuat. Semua post Diana, mulai dari blog sampai instagram menunjukkan bahwa dia adalah seorang wanita yang selalu berjiwa muda dan mempunyai kehidupan yang colorful and fun. Diana mempunyai point of difference yang sangat kentara bila dibandingkan dengan fashion blogger lain yang mempunyai gaya mirip-mirip. Bisa dibilang gaya Diana sangat berbeda. Rok tutu, leging latex, stocking warna neon, tas berbentuk binatang, kacamata hitam berbentuk unik adalah fashion items yang biasa dipakai Diana. 


Keunikan Diana ini diaplikasikan olehnya dalam setiap kegiatan dan produk yang ia hasilkan. Produk yang ia hasilkan : sepatu, buku, dan blog. Lihat saja semua produk-produk tersebut. Semua mempunyai tema yang sama, yaitu menunjukkan hidup yang berwarna dan kebahagiaan.

Produk sepatu Diana terbagi dua, yaitu UP yang merupakan sepatu wedges dan Popflats yang merupakan sepatu flatshoes. 


popflats

UP




















Diana juga mengeluarkan sebuah buku yang berisi ikirannya mengenai kehidupan dan cinta. Buku "88 Love Life" menjadi bestseller di beberapa toko buku di Indonesia dan mampu membuat women fall in love instantly with Diana Rikasari. Buku ini berisi quotes-quotes atau narasi pendek yang dikemas dalam ilustrasi yang sangat menarik dan penuh warna. 






Coba mampir ke blog Diana -> http://dianarikasari.blogspot.com/ dan juga lihat-lihat akun instagramnya -> @dianarikasari
Selain memposting mengenai produk sepatu, buku, dan fashion sehari-hari, ia juga sering menampilkan gambar rumahnya dan anaknya yang lucu sekali. Otentisitas Diana dalam menampilkan kehidupan pribadinya ini membuat konsumen semakin senang saat stalking instagram Diana.





Personal branding yang dibangun oleh Diana Rikasari sangat kuat. Personal Branding adalah sesuatu yang melekat pada orang di sekitarnya dan di luaran, sesuatu yang mudah diingat dari seseorang yang mempunyai ciri khas oleh banyak orang. Terlepas dari kemampuannya, Personal Branding berawal dari ciri khas dan pembawaan. Tidak perlu menjadi sangat hebat atau mempunyai kemampuan luar biasa dalam membangun personal branding, yang dibutuhkan adalah keunikan. Berikut yang harus ada dalam membangun personal branding :

1. Otentik. Authentic. Asli
Jadilah diri Anda sendiri! Keaslian anda bisa menjadi keunggulan. Tidak usah berusaha mengikuti orang lain atau mengikuti hal-hal yang sedang mainstream. Salah satu tokoh yang otentisitasnya sangat menonjol adalah Jokowi. Jokowi yang memang sederhana dan merakyat tidak berusaha menjadi pemimpin yang tegas dan berwibawa karena memang itu bukan dirinya. Hasilnya, berhasil menarik simpati banyak orang.

2. Unik
Cari point of difference Anda dibandingkan dengan orang lain. Setiap orang itu unik. Setiap individu mempunyai ciri khas dan karakternya masing-masing. Jangan malu untuk menunjukannya. Diana Rikasari saja percaya diri dengan gayanya yang agak berbeda dengan orang-orang kebanyakan. 

3. Konsisten
Setelah menemukan keaslian dan keunikan diri Anda, be consistent! Jangan mengganti identitas atau berusaha berubah karakter. Konsistensi akan membuat karakter tertanam di dalam benak konsumen dan you'll always be remembered.



1 komentar: